HUBUNGAN MANAJEMEN PEMASARAN dengan AKUNTANSI
Sebelum kita memasuki hubungan akuntansi dengan manajemen
pemasaran .apasih yang dimaksud dengan akuntansi ,apasih yang dimasksud dengan
manejemn pemasaran , oke disini gue bakal jelasin sejelas – jelasnya sama lo tentang
hubungan ini.karena kata orang dulu ada yang ngomong gak kenal maka tak sayang
, langsung aja.
Manajemen pemasaran adalah proses penetapan tujuan-tujuan pemasaran bagi suatu organisasi (dengan mempertimbangkan sumber daya internal dan peluang pasar), perencanaan, dan pelaksanaan aktivitas untuk memenuhi tujuan-tujuan tersebut, dan mengukur kemajuan ke arah pencapaiannya. Jadi disini pemasaran atau biasa disebut marketing mempunyai peranan yang sangat penting bagi semua usaha, Karena Marketing atau pemasaran mempunyai kedudukan sebagai penghubung antara perusahaan pembuat produk dengan Masyarakat sebagai pemakai produk. Maka dari itu, Perusahaan selalu memberikan perhatian yang maksimal terhadap hal ini agar tujuan dan cita-cita perusahaan bisa tercapai dengan optimal. Marketing atau pemasaran memang sangat penting bagi pencapaian tujuan perusahaan, Lalu apa marketing atau pemasaran itu? Definisi Marketing atau Pemasaran : Suatu proses kegiatan menyeluruh dan terpadu serta terencana, Yang dilakukan oleh institusi untuk menjalankan usaha guna memenuhi kebutuhan pasar dengan cara membuat produk, Menetapakan harga, Mengkomunikasikan, Dan mendistribusikan melalui kegiatan pertukaran untuk memuaskan konsumen dan perusahaan.
Jadi intinya manajemen pemasaran itu salah satu
kegiatan pokok yang dilakukan oleh Perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan
perusahaannya, berkembang, dan mendapatkan laba.
Fungsi Manajemen Pemasaran
Fungsi manajemen pemasaran itu sendiri meliputi
pengembangan produk, riset komunikasi, distribusi
,komunikasi promosi, penetapan harga dan pemberian service. Semua kegiatan ini
dilakukan untuk mengetahui, melayani, memenuhi, dan memuaskan kebutuhan
konsumen.
Tujuan Manajemen Pemasaran
Tujuan Pemasaran adalah mengenal dan
memahami pelanggan sedemikian rupa sehingga produk yang di jual akan cocok
sesuai dengan keinginan pelanggan,sehingga produk tersebut dapat terjual dengan
sendirinya.
Akuntansi
(accounting) adalah suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah
dan menyajikan data, transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat
digunakan oleh orang yang menggunakannya dan mudah dimengerti untuk pengambilan
suatu keputusan serta tujuan lainnya.
Fungsi dan Bidang-Bidang Akuntansi
Setiap perusahaan memerlukan dua
macam informasi tentang perusahaannya yaitu informasi mengenai nilai
perusahaan dan informasi tentang laba/rugi usaha. Kedua informasi tersebut
berguna untuk:
- Mengetahui besarnya modal yang dimiliki perusahaan
- Mengetahui perkembangan ayau maju mundurnya perusahan
- Sebagai dasar untuk perhitunngan pajak
- menjelaskan keadaan perusahaan sewaktu-waktu memrlukan kredit dari bank atau pihak lain
- Dasar untuk menentukan kebijakan yang akan ditempuh
- Menarik minat investor saham jika perusahaan berbentuk perseroan terbatas.
Untuk memperoleh informasi-informasi
tersebut diatas, pengusaha hendaknya mengadakan catatan yang teratur mengenai
transaksi-transaksi yang dilakukan perusahaan yang dinyatakan dalam satuan
uang.
Didalam ilmu
akuntansi telah berkembang bidang-bidang khusus
dimana perkembangan tersebut disebabkan oleh meningkatnya jumlah dan ukuran
perusahaan serta peraturan pemerintah. Adapun bidang-bidang akuntansi yang
telah mengalami perkembangan antara lain sebagai berikut:
1.
Akuntansi Keuangan (Financial atau General
Accounting) menyangkut
pencatatan transaksi-transaksi suatu perusahaan dan penyusunan laporan berkala
dimana laporan tersebut dapat memberikan informasi yang berguna bagi manajemen,
para pemilik dan kreditor.
2.
Pemeriksaan Akuntansi (Auditing) merupakan suatu bidang yang
menyangkut pemeriksaan laporan-laporan keuangan melalui catatan akuntansi
secara bebas yaitu laporan keuangan tersebut diperiksa mengenai kejujuran dan
kebenarannya.
3.
Akuntansi Manajemen (Management Accounting) merupakan bidang akuntansi
yang menggunakan baik data historis maupun data data taksiran dalam membantu
manajemen untuk merencanakan operasi-operasi dimasa yang akan datang.
4.
Akuntansi Perpajakan (Tax Accounting) mencakup penyusunan
laporan-laporan pajak dan pertimbangan tentang konsekuensi-konsekuensi dari
transaksi-transaksi perusahaan yang akan terjadi.
5.
Akuntansi Budgeter (Budgetary Accounting) merupakan bidang akuntansi
yang merencanakan operasi-operasi keuangan (anggaran) untuk suatu periode dan
memberikan perbandingan antara operasi-operasi yang sebenarnya dengan operasi
yang direncanakan.
6.
Akuntansi untuk Organisasi Nirlaba (Non profit Accounting) merupakan bidang yang
mengkhususkan diri dalam pencatatan transaksi-transaksi perusahaan yang tidak
mencari laba seperti organisasi keagamaan dan yayasan-yayasan sosial.
7.
Akuntansi Biaya (Cost Accounting) merupakan bidanng yang
menekankan penentuan dan pemakaian biaya serta pengendalian biaya tersebut yang
pada umumnya terdapat dalam persahaan industri.
8.
Sistem Akuntansi (Accounting System) meliputi semua tehnik, metode
dan prosedur untuk mencatat dan mengolah data akuntansi dalam rangka memperoleh
pengendalian intern yang baik, dimana pengendalian intern merupakan suatu
sistem pengendalian yang diperoleh dengan adanya struktur organisasi yang
memungkinkan adanya pembagian tugas dan sumber daya manusia yang cakap dan
praktek-praktek yangn sehat.
9.
Akuntansi Sosial (Social Accounting) merupakan bidang yang terbaru
dalam akuntansi dan yang paling sulit untuk diterangkan secara
singkat, kerena menyangkut dana-dana kesejahteraan masyarakat.
Jadi disini hubungan antara manajemen pemasaran sendiri dengan
akuntansi adalah bagaimana kita dapat memperoleh keuntungan dari apa yang kita
jual seperti yang saya jelaskan tadi manajemen pemasaran itu salah satu
kegiatan pokok yang dilakukan oleh Perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan
perusahaannya, berkembang, dan mendapatkan laba.sedangkan akuntansi
(accounting) suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah dan
menyajikan data, transaksi serta kejadian yang
berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang yang
menggunakannya dan mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan serta
tujuan lainnya.jadi intinya hubungannya adalah mengatur keuntungan atau
memanajemen keuangan yang ada, dan yang kita dapatkan dari hasil penjualan yang
mana suatu organisasi (dengan mempertimbangkan sumber
daya internal dan peluang pasar), perencanaan, dan pelaksanaan aktivitas untuk
memenuhi tujuan-tujuan tersebut, dan mengukur kemajuan ke arah pencapaiannya dari
perencanaan dan pelaanaan akuntansi berfungsi mengatur keuangannya mulai dari
transaksi tentang rencana yang ditetapkan manajemn pemasaran ,serta juga
mengaudit apakah keuangan tersebut benar adanya serta untuk kemajuan dan tujuan
serta keuntungan perusahaan tersebut .akuntansi
mengatur,mengaudit,merencanakan operasi keuangan dimasa datang,pembayaran
anggaran negara(pajak) d.l.l
DAFTAR PUSTAKA
Nama:yonatan
NPM :1610109976
NPM :1610109976
Komentar
Posting Komentar